Manajemen waktu

jam

Dari dulu tuh aku itu bingung banget, bagaimana seh caranya mengatur aktifitas sehari-hari yang kadang-kadang terlalu padat sehingga butuh ditata/dijadwal sedemikian rupa sehingga (halah-halah, bahasaku hancur banget… kalo sampai ketahuan guru bahasa Indonesia ku dulu pasti beliau kecewa meluluskan aku.. hehehe..). Lama juga pencarianku untuk menemukan cara yang cocok untukku. Dulu pernah pernah dikasih rekan liqo’ lembar muhasabah diri. Kemudian aku coba, tapi terlalu repot aku untuk mengisinya (agak susah). Coba cari-cari di internet, dapet sebuah kesimpulan. Yaitu pakai skala prioritas (misal skala 1-5, untuk penting sampai tidak penting), tapi lagi-lagi aku masih susah banget untuk menerapkannya.

Bahkan dulu pernah tanya sama akhwat (aktifis) super sibuk, bagaimana seh cara dia bagi waktu. Kok semuanya bisa jalan lancar. Eh yang ditanya malah bingung jawabnya. Dan jawabnya pun belum bisa memberikan solusi buatku. Akhirnya aku biarkan saja lah kegiatanku jalan mengalir seperti air, walaupun kadang-kadang kacau juga seh. (nyari alasan buat menghindari kata putus asa.. 😀 ). Tapi kebetulan semalem browsing-browsing tentang manajemen waktu lagi (masih seputar skala prioritas), dan kemudian aku corat-coret di word. Eh, malah jadi tabel… 🙂 . Semoga saja kali ini bisa berhasil dengan baik. Oh yah, berikut sedikit rangkuman tips manajemen waktu yang “nyantol” dikepalaku 🙂

  1. Gunakan skala prioritas (skala cukup 1-3 saja, soalnya kalo terlalu banyak malah bingung nanti membagi-bagi kegiatan yang ada, tapi ini juga tergantung kebutuhan juga seh…)
  2. Gunakan Pensil !!! (ini kuncinya). Kita akan jauh lebih mudah mengatur (perubahan) waktu kegiatan kita. Dibandingkan jika menggunakan bulpoint yang terlalu ribet jika akan menghapusnya.
  3. Isi seperlunya kotak-kotak yang ada, sebagai contoh skala ku; penting, agak penting, kurang penting. Selain dari kategori itu tidak perlu ditulis. (pandai-pandai saja dalam mengisi)
  4. Rencanakan sebelum hari H. Misal untuk jadwal minggu ke-3, maka maksimal pada H-1(minggu ke-2 hari terakhir) jadwal harus sudah jadi.
  5. Sebisa mungkin hindari menunda pekerjaan/tugas kita.
  6. Berikut adalah contoh yang saya buat, silahkan klik untuk memperbesar. Dan sesuaikan sendiri dengan kebutuhan anda. Dan kolom Nb silahkan isi dengan kegiatan yang harus dilakukan tetapi belum tahu kapan akan dilaksanakan.

agenda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar